kamera

Dalam software blender. Ada banyak cara untuk menggeser atau menggerakkan kamera.

Yang pertama dan yang paling utama ialah shortcut numpad “0” yang berfungsi untuk melihat tampilan view dari kamera. Sedangkan “Ctrl+Alt+0” yang berfungsi untuk mensetting agar kamera terarah pada obyek/area yang ingin kita ambil tampilannya (hasil render).

Nah, untuk menggerakkan kamera dengan maksud untuk mendapatkan posisi yang pas untuk mengambil hasil render. Kita dapat menggeser kamera secara manual yakni dengan menggeser ke sumbu x, y, dan z. Tetapi untuk lebih enaknya kita perlu menekan “0” dulu pada numpad untuk mendapatkan tampilan yang didapat dari kamera.

Selanjutnya kita seleksi kamera dengan cara klik kanan pada area kamera.  Dari situ kita dapat grab (G) ke sumbu x, y ataupun z, Rotate (R) ke sumbu x, y ataupun z. Untuk melakukan zoom in dapat menggunakan fasilitas “Shift + F” selanjutnya tinggal mainkan scroll pada mouse, begitupula dengan zoom out.

Selain menggunakan cara diatas, kita dapat pula menggunakan fasilitas “Lock Camera to View”. Untuk dapat menggunakannya silahkan klik/aktifkan kamera, lantas aktifkan n properties. Check (centang) “Lock Camera to View” pada bagian “view”.

lock camera to view

Nah, dengan cara diatas saya rasa cara tersebut merupakan cara yang paling fleksibel untuk menentukan letak kamera (menurut dan setau saya). 😀

Salam,
desAiNIMASI

Advertisements

About Muhammad Edi Sutanto

Buruh gambar serabutan.

Posted on January 21, 2014, in Blender, tutorial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: